Labels

Rabu, 16 Desember 2015

Fakfak

Fakfak, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, banyak julukan yang menyebut kabupaten ini. Yang paling populer adalah sebutan "kota pala" dan ada pula yang menyebutnya "kota tua", sebagian menyebut "serambi madinah".

Sebutan serambi madinah ini muncul karena Fakfak adalah salah satu kabupaten yang umat muslimnya mayoritas dan sebagian besar adalah penduduk asli. Sebagai bukti adalah keberadaan sebuah masjid tertua di Papua yang ada di kampung (desa) Patimburak yang sekarang ini masih berdiri kokoh.
 Masjid Patimburak MasjidTertua di Papua

Tahun 2015 ini, kabupaten Fakfak terdiri dari 17 Distrik (Kecamatan) 142 Kampung (Desa) dan 9 Kelurahan. Kampung yang ada bisa dibedakan dari letaknya, ada yang termasuk kampung pesisir dan ada kampung gunung yakni kampung yang jauh dari lautan.

Untuk kampung pesisir, sekarang ini penduduknya mulai menanam rumput laut yang jenis Cottoni. 

Dengan laut yang terbentang luas yang masih sangat alami dan terbebas dari pencemaran maka tidak heran jika rumput laut yang tumbuh di Fakfak sangat berbeda dengan rumput laut yang ada di daerah lain.

Jika di daerah lain 1 titik saat panen hanya bisa menghasilkan 800 gram, maka di Fakfak paling minim 1 titik menghasilkan 1 kg bahkan untuk tempat-tempat tertentu bisa menghasilkan sampai 11 kg.

Dengan hasil seperti ini, mungkin ditahun 2017 Fakfak akan dikenal dengan sebutan "Kota Cottoni",. 
Semoga! 


0 komentar:

Posting Komentar